Selamat Menjelajah, Awas Tersesat. hehehe. satu lagi, kasi makan anjing saya yah.

Kamis, 17 Januari 2013

SAHABATKU MATI BAGIKU

Legenda persahabatan Phytias dan Damon dari Yunani yang sangat terkenal itu difilmkan pada tahun 19662. Phytias dan Damon adalah murid Phytagoras (570-495 SM). Mereka Pergi berlayar ke Siracusa, Italia. Phytias ditangkap dan didakwa melawan diktator Dionisius I, dan ia dihukum mati. Phytias menerima hukuman ini namun mohon diizinkan pulang untuk menemui keluarganya. Dionisius tidak mengizinkannya karena takut ditipu oleh Phytias. Phytias lalu memanggil damon dan memintanya untuk menggantikan tempatnya sebagai seorang yang terhukum mati. Jika Phytias tidak pulang, Damon yang akan dipancung. Damon setuju dan Phytias dibebaskan.

Seperti dugaan Doinisius, sampai waktu yang ditetapkan Phytias tidak pulang. Akhirnya Damon disiapkan untuk menjalani hukuman pancung. tetapi sesaat sbelum algojo mengeksekusi Damon, Phytias muncul. Ia meminta maaf kepada sahabatnya karena keterlambatannya. Ia terlambat karena kapalnya ditangkap perompak dan ia dilemparkan ke laut. dengan susah payah, ia berenang ke pantai untuk memenuhi janjinya.

Melihat persahabatan mereka yang sungguh-sungguh saling mempercayai, sehingga Damon bersedia mati bagi Phytias, hati Dionisius tersentuh. akhirnya ia membebaskan Phytias dan Damon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar